Tuesday, March 25, 2008

Susahnya Lapor SPT Tahunan PPH Psl 21 Perorangan 2007

Bulan ini saya untuk pertama kalinya diharuskan mengisi SPT Tahunan PPh Psl 21 Perorangan karena sudah memiliki NPWP dari Dirjen Pajak.

Lampiran yang harus di isi adalah Formulir 1721 - A1 (Sudah di isi oleh kantor saya PT. Samudera Indonesia sebagai pemotong pajak dan pemberi kerja), Formulir 1770S, Formulir 1770 S-I, Formulir 1770 S-II, Daftar Susunan Keluarga Tanggungan Pajak

Agak susah sih ngisinya namun enak juga lho ternyata kita jadi tahu sebenarnya harta, utang dan penghasilan kita secara keseluruhan 1 tahun tadinya saya tidak terlalu menghiraukan itu, yg penting bisa makan, bisa berangkat ke kantor, bisa beli motor, bisa kopdar, bisa ngasih duit buat istri belanja dll.

Setelah satu persatu di pelajari akhirnya selesai juga nih semua formulir di isi kemudian tinggal di antar ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) tempat saya terdaftar dan berdasarkan NPWP saya masuk dalam KPP kode (412) di daerah Jl. Raya Sawangan No. 18, Pancoran Mas - Kota Depok - telp (021-77203901, 021-77203892, 021-77203175) tapi berhubung saya sekarang tinggal di Cengkareng dan beruntungnya lagi waktu itu saat daftar dulu saya baru pindah dari sawangan jadi masih rabun untuk daerah sawangan, akhirnya memutuskan untuk menelpon dulu minta "ancer" tapi ternyata ke 3 nomor telepon tersebut tidak bisa dihubungi (Nada Sibuk dan Tidak Diangkat) tadi sempat berpikir sibuk kali yah ... coba lagi dari pagi sampai sore namun hasilnya masih sama, waduh gimana nih?

Baca kompas ada pengumuman tentang penghapusan hukuman & pemeriksaan bagi NPWP Perorangan yang sudah mengirim SPT Tahunan ada nomor telp. Pajak Call Center - 500200 namun sibuk juga masih sama, saya coba telp bagian pelayanan aplikasi DJP di nomor 021- 5290 4896 ( <== nomor ini sibuknya abisssss ... !!!) ehm kok jadi begini yah, katanya Dirjen Pajak diwajibkan setor ke Negara tapi kok tidak diberikan fasilitas yang bagus, mau nanya alamat aja susahnya minta ampyun ... klo gak kirim SPT Tahunan pasti kena sanksi gimana dong? nyari di om Google dan ternyata masih sama jadi kesimpulannya lokasi KPP nya sudah pindah dan informasi tersebut tidak di update di webnya mereka, akhirnya terpaksa deh nanya sama temen2 yang tinggal di depok gila bener susahnya mo lapor aja ...

Setelah tanya2 ternyata bener dugaan saya kalau KPP daerah Jl. Raya Sawangan No. 18, Pancoran Mas - Kota Depok - telp (021-77203901, 021-77203892, 021-77203175) sudah pindah kantor ke KPP Pratama Depok - Jl. Pemuda - Depok lama no telp. (021) 7763896, namun lagi2 no telepon tersebut sangat sibuk sekali, apakah memang semua kantor pajak sibuk nya setengah mati seperti ini, di telp aja susah nya ...

Merdeka !!